PENGARUH KUALITAS WIDYAISWARA DAN PENYELENGGARA TERHADAP KUALITAS PELATIHAN PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN MAKASSAR STUDY KASUS PADA DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF GURU MATEMATIKA TAHUN 2018

Authors

  • Amrin

Keywords:

Kualitas Widyaiswara, Kualitas Penyelenggara, dan Kualitas Pelatihan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas widyaiswara, kualitas penyelenggara mempunyai pengaruh terhadap kualitas pelatihan pada Balai Diklat Keagamaan Makassar. Serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelatihan pada Balai Diklat Keagamaan Makassar. Populasi yang dijadikan target penelitian adalah peserta pelatihan pada Kantor Balai Diklat Keagamaan Makassar  sebanyak 85 orang responden dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan metode analisis kualitatif, analisis infesrensial melalui analisis regresi berganda, serta analisis pengujian hipotesis (Uji F dan uji T). Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil persamaan regresi bahwa kualitas widyaiswara dan kualitas penyelenggara berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelatihan pada Balai Diklat Keagamaan Makassar. Dari hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas widyaiswara, kualitas penyelenggara secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas pelatihan pada Balai Diklat Keagamaan Makassar. Dari dua variabel yang diteliti, maka variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelatihan pada Balai Diklat Keagamaan Makassar adalah kualitas widyaiswara, hal ini disebabkan karena variabel kualitas widyaiswara memiliki thitung yang paling besar diantara variabel kualitas penyelenggara dan variabel kualitas sarana dan prasarana pada Balai Diklat Keagamaan Makassar.

Downloads

Published

31-03-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KUALITAS WIDYAISWARA DAN PENYELENGGARA TERHADAP KUALITAS PELATIHAN PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN MAKASSAR STUDY KASUS PADA DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF GURU MATEMATIKA TAHUN 2018. (2019). Baruga: Jurnal Ilmiah, 9(1), 50-62. https://baruga.kemenag.go.id/index.php/baruga/article/view/68