KESIAPAN MADRASAH MENGHADAPI AKREDITASI MELALUI MODEL PEMBINAAN HOLISTIK PENGAWAS MADRASAH
Keywords:
Pengawasan Holistik, EDM, Akreditasi MadrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan madrasah menghadapi akreditasi melalui model pembinaan holistik oleh pengawas madrasah. Data penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan hasil isian intrumen EDM, serta data sekunder diperoleh dari data dokumentasi. Tingkat kesahihan dan keandalan data melalui pengabsahan data dengan memeriksa tingkat kredibilitas, transferabilitas, kebergantungan dan konfirmabilitas. Data di analisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif untukmenetukan level kinerja pemenuhan EDM dan teknik analisis data kualitatif melalui proses data collection, data display dan conclusion/ verification untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pembinaan holitstik pengawas madrasah. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan model pembinaan holistik pengawas madrasah merupakan model pembinaan yang dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa kegiatan pembinaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan madrasah sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan dalam bentuk pembinaan pemenuhan evident EDM yang terdiri dari kedisiplinan, pengembangan diri, proses belajar, sarprasa dan pembiayaan. Model pembinaan holistik dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa kegiatan sesuai dengan program pengawas madrasah pada 3 tahapan pelaksanaan pembinaan yaitu tahap based line, tahap pelaksanaan dan tahap endline yang dapat meningkatkan kesiapan madrasah dalam menghadapi akreditasi madrasah dalam rangka pemeringkatan mutu madrasah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Baruga: Jurnal Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.