KESIAPAN MADRASAH MENGHADAPI AKREDITASI MELALUI MODEL PEMBINAAN HOLISTIK PENGAWAS MADRASAH

Authors

Keywords:

Pengawasan Holistik, EDM, Akreditasi Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan madrasah menghadapi akreditasi melalui model pembinaan holistik oleh pengawas madrasah. Data penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan hasil isian intrumen EDM, serta data sekunder diperoleh dari data dokumentasi. Tingkat kesahihan dan keandalan data melalui pengabsahan data dengan memeriksa tingkat kredibilitas, transferabilitas, kebergantungan dan konfirmabilitas. Data di analisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif untukmenetukan level kinerja pemenuhan EDM dan teknik analisis data kualitatif  melalui proses data collection, data display dan conclusion/ verification untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pembinaan holitstik pengawas madrasah. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan model pembinaan holistik pengawas madrasah merupakan model pembinaan yang dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa kegiatan pembinaan  dalam rangka peningkatan mutu pendidikan madrasah sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan dalam bentuk pembinaan pemenuhan evident EDM yang terdiri dari kedisiplinan, pengembangan diri, proses belajar, sarprasa dan pembiayaan. Model pembinaan holistik dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa kegiatan sesuai dengan program pengawas madrasah pada 3 tahapan pelaksanaan pembinaan yaitu tahap based line, tahap pelaksanaan dan tahap endline yang dapat meningkatkan kesiapan madrasah dalam menghadapi akreditasi madrasah dalam rangka pemeringkatan mutu madrasah

Downloads

Published

08-11-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

KESIAPAN MADRASAH MENGHADAPI AKREDITASI MELALUI MODEL PEMBINAAN HOLISTIK PENGAWAS MADRASAH. (2022). Baruga: Jurnal Ilmiah, 11(2), 1-12. https://baruga.kemenag.go.id/index.php/baruga/article/view/104