UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ

Authors

  • Nila Sari Latif SMPN 9 Marusu

Keywords:

e-learning, Motivasi Belajar, Quizziz

Abstract

Revolusi Industri 4.0 merupakan zaman dimana teknologi menjadi pilihan utama bagi setiap orang. Hal ini tentu memberikan dampak terhadap perkembangan dunia pendidikan yang semakin membutuhkan teknologi sebagai media pembelajaran bagi siswa agar siswa lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, situasi dan kondisi yang dihadapi saat ini karena keberadaan pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran dilakukan dirumah masing-masing melalui media daring (online) atau biasa disebut e-learning. Pembelajaran e-learning ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Hal ini memberikan ruang yang lebih besar terhadap para pendidik dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran e-learning. Pada artikel ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan e-learning dalam pembelajaran matematika, untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan penilaian e-learning pengetahuan matematika, dan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran e-learning yang dilakukan di kelas VII dengan bantuan Quizizz. Selain aspek motivasi dalam penggunaan pembelajaran e-learning berbantuan quizizz juga mampu meningkatkan prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat banyak manfaat dan kelebihan pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz. Penggunaan yang mudah dan hasil yang cepat dalam proses penilaiannya menjadikan aplikasi ini layak digunakan sebagai aplikasi pembelajaran. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 80,4%, dan motivasi peserta didik dari 82,81 disiklus I menjadi 93,44 pada siklus II.

Downloads

Published

08-11-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ . (2022). Baruga: Jurnal Ilmiah, 11(2), 67-78. https://baruga.kemenag.go.id/index.php/baruga/article/view/112