SOLUSI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN
Keywords:
Metode Pendidikan, Moderasi Beragama, Al-Qur’anAbstract
Kesalahan dalam memahami Islam berimplikasi pada sikap patriotisme dan nasionalisme yang salah. Radikalisme merupakan potret miskonsepsi terhadap ajaran Islam yang sebenarnya. Pendidikan memiliki peran yang sangat urgen terhadap penguatan moderasi beragama. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara metodis sebagai solusi penguatan moderasi beragama. Tulisan ini bertujuan untuk menegaskan bahaya radikalisme, serta menawarkan kiat-kiat metode pendidikan. Secara komprehensif, tulisan ini mengkaji faktor penyebab lahirnya radikalisme, indikasinya, dan penguatan moderasi beragama perspektif al-Qur’an. Melalui metode fenomenologi dan pendekatan tafsir maudhu’i, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode dan pendekatan pendidikan merupakan sarana penguatan moderasi beragama. Pertama, lingkungan keluarga dengan metode rahmani dan uswah. Kedua, lingkungan sekolah dengan metode indzar. Ketiga, lingkungan masyarakat dengan metode syura.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Baruga: Jurnal Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.