Ashar Hidayah APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS ANDROID; SOLUSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Android, Kvisof Flibook Maker, Matematika, Covid-19Abstract
Diawal tahun 2020 semua penduduk dunia dikejutkan dengan mewabahnya virus corona. Semua negara di dunia memulai protocol baru dalam melawan virus corona. Tidak terkecuali Indonesia, pemerintah mengeluarkan aturan untuk belajar dirumah secara online. Penggunaan aplikasi sebagai solusi pembelajaran di tengah pandemi Covid.-19, terkhusus untuk pembelajaran matematika yang dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Penggiunaan aplikasi Whatsapp, Google Classroom, Google Meet, zoom dan Google Form dalam pembelajaran, namun masih banyak siswa yang kurang paham akan materi matematika yang dipelajari. Sehingga hasil yang diperoleh menujukkan hasil yang kurang memuaskan. Olehnya itu, peneliti memberikan solusi yaitu penerapan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis android dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika yaitu aplikasi kvisoft flipbook maker berbasisi android yang efektif dan praktis untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangan yaitu aplikasi kvisoft flipbook maker.berbasisi android. Model desain pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Subjek penelitian yaitu 24 orang siswa kelas X MIA 1 MAN 1 Soppeng. Hasil yang didapatkan menunjukkan hasil belajar matematika meningkat yaitu dari pretest 50,83 (kategori rendah) menjadi 74,16 (kategori tinggi) pada postest, serta respon siswa rata-rata 3,45 artinya penerapan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis androin dalam pembelajaran matematika semakin positif. Berdasarkan hasil tersebut di simpulkan bahawa aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis android sangat cocok untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika serta dapat dikembangkan baik pada materi trigonometri maupun pada materi matematika yang lainnya.